Langsung ke konten utama

Pulau Payung Payungan


Pulau Sembilan, selain pemandangan pulaunya yang eksotis, keindahan alam bawah air yang terjaga dan juga ada pulau unik yang didominasi oleh bebatuan yaitu Pulau Payung Payungan yang berdekatan dengan pulau Marabatuan.

 

Pulau Payung Payungan sebenarnya terbagi menjadi dua yaitu besar dan kecil. Pulau ini terkenal akan batu yang terjal yang menjulang tinggi seperti gunung, padahal hanyalah susunan bebatuan besar yang tersusun rapi dan ditumbuhi semak belukar sehingga terlihat seperti gunung.


Pulau Payung Payungan Besar

Sumber : http://irwandyibnuyusuf.blogspot.co.id

 

Pulau Payung Payungan Kecil

Sumber : http://irwandyibnuyusuf.blogspot.co.id


Pulau Payung Payungan merupakan pulau yang unik karena memiliki kontur pulau yang berbatu, pantai yang bersih, air yang jernih dan tentunya alam bawah air yang indah sehingga tidak akan menyesal berlibur kesini karena tidak dapat di temukan di tempat lain.


Tepian Pulau Yang Berbatu

A photo posted by @bayu_kuntet on


A photo posted by visit kalsel (@visitkalsel) on



Pesisir Pantai

A photo posted by @bayu_kuntet on


Suasana Menyelam

A photo posted by visit kalsel (@visitkalsel) on

 

  Keindahan Bawah Laut

A photo posted by HAFIZ BIRU (@hafizbiru) on

 

 
A photo posted by visit kalsel (@visitkalsel) on

 

Untuk perjalanan ke Pulau Payung Payungan ada beberapa pilihan 

Pertama, Kotabaru - Pulau Lontar - Pulau Payung Payungan dengan waktu tempuh 10 - 12 jam. Untuk alat transportasi bisa menggunakan kapal Perintis ke Pulau Lontar lalu mencari kapal nelayan untuk ke Pulau Payung Payungan atau kalian dpat langsung mencari kapal nelayan di Kotabaru untuk langsung berangkat tentunya setelah melakukan kesepakatan terlebih dahulu. 

 

Pantai Desa Lontar 

Sumber : http://nilam-fitriani-asy-syifa.blogspot.co.id

 

Kedua, Kotabaru - Marabatua - Pulau Payung Payungan dengan waktu tempuh sekitar 11 - 12 jam. Untuk transportasi aku sarankan menggunakan kapal Perintis lalu mencari kapal nelayan di Marabatua sehingga biaya untuk ongkos transportasi dapat ditekan semaksimal mungkin.


Pulau Marabatua dari Pulau Payung Payungan

Sumber : http://irwandyibnuyusuf.blogspot.co.id

 

Ketiga, Pagatan - Marabatua/Lontar - Pulau Payung Payungan dengan waktu tempuh 8 - 10 jam. Alternatif ketiga ini bisa menghemat waktu karena menggunakan kapal nelayan selain lebih cepat, juga bisa hari apa pun karena kapal perintis hanya berangkat setiap dua minggu sekali. Akan tetapi karena kapal nelayan cukup kecil dan mungkin harga lebih mahal, keamanannya pun tidak sebaik dibanding kapal perintis, terutama jika ada gelombang besar.

 

Pantai Pagatan
Sumber : beritadaerah.co.id


khusus untuk kapal Perintis, tidak semua pulau ada dermaga untuk kapal berlabuh jadi jangan terkejut jika nanti kapal akan berhenti di tengah laut lalu kalian di alihkan ke kapal nelayan untuk berlabuh ke pulau. Di sini aku hanya mencantumkan waktu tempuh dan tempat tujuan tapi tidak mencantumkan harga karena minimnya informasi dan foto tentang Pulau Payung Payungan ini dan mungkin masih belum ada agent travel yang punya paket ke sini.


*Sedikit tips dan info

- Bawa senter karena akan sangat berguna pada malam hari. 

- Kalau ingin snorkling atau diving sebaiknya membawa peralatan sendiri, karena di sini tidak ada yang menyewakan alat seperti itu.

Nikmati setiap perjalanan kamu :) salam Kadatahutahu

Kalau kalian ada info terkait Pulau Payung Payungan silahkan share di komentar untuk menambah pengetahuan kita, makasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teluk Tamiang

Teluk Tamiang merupakan salah satu salah satu pantai yang wajib di kunjungi karena keidahanya yang masih beberapa tingkat di bawah Samber Gelap. Letak Teluk Tamiang sendiri merupakan tempat yang masih bisa di akses dengan perjalanan darat walupun memakan waktu cukup lama.

Teluk Tamiang adalah sebuah desa di wilayah kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, kabupaten Kotabaru, provinsi Kalimantan selata. Teluk Tamiang yang keindahanya masih terjaga dengan berbagai kekayaan laut di sekitarnya.
Pantai Teluk Tamiang Sumber : http://paketwisatakalsel.blogspot.co.id

A photo posted by Dadang Abdussyahid (@dadangabdussyahid) on Jan 18, 2016 at 11:54pm PST
A photo posted by Raudhatul Jannah (@jeen_jannah) on Mar 9, 2016 at 6:36pm PST A photo posted by Ini Indonesiaku (@iniindonesiaku) on Jan 24, 2016 at 11:58pm PST
Dermaga Teluk Tamiang A photo posted by Daniel (@dvnielmbr) on Feb 3, 2016 at 4:20pm PST
Salah Satu Spot Foto A photo posted by Ahul Reebok (@a_h_u_l) on Feb 9, 2016 at 3:46am PST

Samber Gelap

Untuk post pertama ini, Kadatahutahu akan memposting suatu tempat yang katanya merupakan salah satu surga tersembunyi. Kenapa saya katakan kalau masih "katanya" ? karena saya sendiri masih belum pernah kesanadan konon masih sangat sedikit transportasi yang bisa mengantarkan kita ke pulau Samber Gelap. Tapi tenang saja di postingan ini saya akan memberikan saran untuk pergi ke pulau Samber Gelap karena saya telah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber muehehe :D 
Pulau samber gelap adalah salah satu pulau kecil yg berada dikabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. 


Sumber 
Pulau cantik dengan pantai yang memiliki pasir yang sangat lembut dan putih, dengan air laut yg berwarna biru kehijau hijauan, gelombang yang tidak terlalu besar sehingga untuk berjemur dan berenang akan menjadi lokasi yang sangat tepat. Pulau ini juga terkenal sebagai habitat penyu hijau dan penyu sisik. Di sini juga ada tempat memancing yang bagus, dilokasi banyak ditemukan spot-spot ikan terutama ik…

Pesona Tanjung Kunyit

Melanjutkan dari postingan sebelumnya tentang Teluk Tamiang postingan kali ini membahas Tanjung Kunyit. Tanjung Kunyit bermayoritaskan suku Mandar dan Bugis yang sangat ramah dan baik pada pendatang. Daratan yang terpisah dari Kotabaru ini di kelilingi oleh gugus karang yang masih terawat dan memiliki potensi bahari yang sangat besar. Beberapa bangunan bahkan menyimpan sejarah kelam penjajahan belanda dan sebuah mercusuar yang masih digunakan sampai sekarang.

Tanjung Kunyit terletak berdekatan dengan Teluk Tamiang yang berada di wilayah kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, kabupaten Kotabaru, provinsi Kalimantan Selatan. Tanjung Kunyit merupakan salah satu pulau kecil yang daratannya terpisah dari pulau Kotabaru. Pulau kecil dengan pasir putih dan mercusuar yang berdiri gagah adalah pemandangan yang pertama kamu lihat dari kejauhan. 
Pantai Pasir Putih sumber
Pantai Sore Hari sumber Desa ini  dihuni oleh beberapa kepala keluarga bermayoritaskan suku Bugis dan Mandar. Suasana desa yang dike…