Langsung ke konten utama

Samber Gelap

Untuk post pertama ini, Kadatahutahu akan memposting suatu tempat yang katanya merupakan salah satu surga tersembunyi. Kenapa saya katakan kalau masih "katanya" ? karena saya sendiri masih belum pernah kesana dan konon masih sangat sedikit transportasi yang bisa mengantarkan kita ke pulau Samber Gelap. Tapi tenang saja di postingan ini saya akan memberikan saran untuk pergi ke pulau Samber Gelap karena saya telah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber muehehe :D 

Pulau samber gelap adalah salah satu pulau kecil yg berada dikabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. 



Pulau cantik dengan pantai yang memiliki pasir yang sangat lembut dan putih, dengan air laut yg berwarna biru kehijau hijauan, gelombang yang tidak terlalu besar sehingga untuk berjemur dan berenang akan menjadi lokasi yang sangat tepat. Pulau ini juga terkenal sebagai habitat penyu hijau dan penyu sisik. Di sini juga ada tempat memancing yang bagus, dilokasi banyak ditemukan spot-spot ikan terutama ikan tengiri dengan bobot yang cukup besar, sehingga kalau ada yang hobi memancing maka tidak ada salahnya berkunjung ke pulau ini.

Baikalah agar lebih seru saya akan memberikan perbandingan pantai samber gelap dengan salah satu pantai terbaik di dunia yaitu bali bukan pantai Kuta, tetapi pantai Pandawa yang menurut mimin jauh lebih enak di lihat dari Kuta. Chek this out ..............


Pantai Pulau Samber Gelap dari atas
sumber


Pantai Pantai Pandawa dari atas
sumber

Malam di Samber Gelap
sumber

Malam di Pantai Pandawa

Tepian Pantai Samber Gelap 
sumber

Tepian Pantai Pandawa

Setelah melihat sebagian kecil dari perbandingan yang saya muat, apakah kamu sudah ingin pergi ke Samber Gelap ? Jika keindahan pemandangan pantai saja masih kurang, bagaimana kalau di tamabah dengan fakta bahwa pulau ini tempat bertelur penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata).
Jika kita beruntung maka kita dapat melepaskan Tukik (anak penyu) ke lautan bebas. Selain itu kita juga dapat melihat langsung penyu bertelur pada malam hari sekitar pukul 20.00 - 24.00 WITA. 

Jika matahari sudah cukup tinggi kalian dan petugas di sana dapat mengumpulkan telur penyu malam tadi lalu mengangutnya ke penangkaran penyu dan juga dapat berinteraksi langsung dengan penyu yang ada di sana.

Hmm ....... Baiklah tadi sudah melihat keindahan di bagian atas pantai sekarang saatnya kita melihat surga bawah air sekitar kedalam 1 sampai 4 mdpl tempat ikan banyak berkumpul.

Baru menyelam kita akan di sambut ikan kecil di sekitar bebatuan.

Agak dalam lagi kelihatan lah ikan dengan warna yang mulai beragam.

Selain terumbu karang di sini juga ada anemon rumahnya ikan Nemo.

Kalo kurang puas dengan foto, ini ada video pendek snorkling yang cukup menakjubkan tapi sayang beberapa terumbu karang rusak karena kapal yang ingin merpat terlalu dekat dengan bibir pantai. 

Pulau Samber Gelap juga punya tetangga yang tidak kalah eksotis yaitu Pulau Sawa yang merupakan pulau yang dekat dengan pulau Samber Gelap yang tidak kalah indah dan juga masih terjaga kealamianya.
Saking dekatnya dari pulau sawa kita bisa menyebrang ke samber gelap hanya dengan berjalan kaki ketika air laut surut.


Apakah kamu sudah siap untuk pergi ? Jika sudah siap saya akan memberikan info bagaiman cara menuju pulau Samber Gelap ini. Menurut beberapa sumber yang saya baca biaya ke pulau Samber Gelap ini lumayan tinggi sehingga saya menyarankan sebaiknya mengajak beberapa teman untuk berbagi biaya transportasi karena masih belum adanya trasportasi resmi yang di sediakan oleh pemerintah, sehingga jika ingin ke pulau tersebut maka harus menyewa kapal milik warga setempat.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMJnkius9PT8OnJJ3EBHdnb_r9Bq73Y6GiUbrA6WKKs7jLkondnxEL5GuUBR_sX022FLQcqBds22uaCi2Tq3TkPd5IzFBFBsiTnz2h4jUreIyIYhZkxlqC9aCzjQ1Y_I6spB0IfUQfAKyF/s1600/photo+%282%29.JPG

Saya menyarankan waktu keberangkatan pada pagi hari serta pada bulan-bulan tertentu untuk menghindari gelombang.  Bulan yang disarankan yaitu bulan April, Mei, Oktober, November dan Desember dimana angin yang bertiup yaitu "angin Barat", sedangkan bulan yang tidak disarankan yaitu bulan Januari, Pebruari dan Maret saat angin yang bertiup "angin Utara" serta bulan Juni, Juli, Agustus, dan September saat angin yang bertiup "angin Tenggara".
 

Baiklah, jika kamu berada di luar kalimantan atau bahkan luar negri (kalau ada) maka kamu harus menuju indonesia terlebih dahulu lalu menuju Banjarmasin lalu carilah terminal terdekat dengan kalian untuk mencari bus dengan tujuan Kota Baru dengan biaya masih di bawah Rp. 130.000 dan jarak tempuh memakan waktu 7 - 9 jam. Alternatif lain juga bisa menggunakan pesawat ke Kota Baru sekitar Rp. 200.000 sampai Rp. 400.000 dengan waktu tempuh 45 menit.


Setelah sampai di Kota Baru sebaiknya langsung menuju Pelabuhan Panjang untuk menanyakan tentang kapal yang bisa membawa ke pulau Samber Gelap. Di sini ada pilihan apakah kamu ingin menggunakan kapal yang memakan waktu >4 jam dengan harga sewa lebih murah, atau dengan speedboat yang memakan waktu < 2 jam tentunya dengan harga yang lebih mahal. Masalah harga bisa di bicarakan dengan pemilik kapal dengan kisaran harga Rp. 750.000 sampai Rp. 3.000.000 tergantung kapal dan jumlah penumpang serta kemampuan anda menawar harga :) hehehe. (Harga sewaktu-waktu berubah sesuai keadaan)

Sekedar info di pulau Samber Gelap ada sebuah resort tetapi milik pribadi sehingga tidak di komersilkan jadi bisa di bilang di sana belum ada penginapan sehingga ada baiknya membawa tenda untuk bermalam. Untuk menginap dipulau kita dapat meminta ijin kepada petugas dari Dinas Perhubungan untuk menjaga mercusuar, tenang saja karena para petugasnya ramah. 

Kurang rasanya kalau hanya melihat foto tanpa melihat video singkat keindahan Samber Gelap.



*Sedikit tips dan info
- Disini istrik hanya menyala pada malam hari, jadi kalau malam baterai handphone dan kamera kamu dicharge penuh dulu.
- Pada malam hari bintang dan milky way disini kereen banget, jadi kalau kamu punya kamera canggih harus dibawa kalo perlu bawa tripod.
- Semua orang dipulau ini sangat baik dan ramah, jadi pandai pandailah untuk berbaur.
- Bawa makanan dan minuman karena disini tidak ada warung.
- Bawa senter karena akan sangat berguna pada malam hari saat menyeberang dari pulau sawa kepulau samber gelap untuk melihat penyu bertelur. 
- Kalau ingin snorkling atau diving sebaiknya membawa peralatan sendiri, karena di sini tidak ada yang menyewakan alat seperti itu.
- Katanya di sini banyak hiu karang jadi ngak ada salahnya kalau nyiapin mental sebelum nyebur hehehe
- untuk info pemilik speedboat (082351684697) dan kapal bersar (08135004315) 

Nikmati setiap perjalanan kamu :) salam Kadatahutahu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teluk Tamiang

Teluk Tamiang merupakan salah satu salah satu pantai yang wajib di kunjungi karena keidahanya yang masih beberapa tingkat di bawah Samber Gelap . Letak Teluk Tamiang sendiri merupakan tempat yang masih bisa di akses dengan perjalanan darat walupun memakan waktu cukup lama. Teluk Tamiang adalah sebuah desa di wilayah kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, kabupaten Kotabaru, provinsi Kalimantan selata. Teluk Tamiang yang keindahanya masih terjaga dengan berbagai kekayaan laut di sekitarnya. Pantai Teluk Tamiang Sumber : http://paketwisatakalsel.blogspot.co.id A photo posted by Dadang Abdussyahid (@dadangabdussyahid) on Jan 18, 2016 at 11:54pm PST A photo posted by Raudhatul Jannah (@jeen_jannah) on Mar 9, 2016 at 6:36pm PST A photo posted by Ini Indonesiaku (@iniindonesiaku) on Jan 24, 2016 at 11:58pm PST Dermaga Teluk Tamiang A photo posted by Daniel (@dvnielmbr) on Feb 3, 2016 at 4:20pm PST   S

Pesona Tanjung Kunyit

Melanjutkan dari postingan sebelumnya tentang Teluk Tamiang postingan kali ini membahas Tanjung Kunyit. Tanjung Kunyit bermayoritaskan suku Mandar dan Bugis yang sangat ramah dan baik pada pendatang. Daratan yang terpisah dari Kotabaru ini di kelilingi oleh gugus karang yang masih terawat dan memiliki potensi bahari yang sangat besar. Beberapa bangunan bahkan menyimpan sejarah kelam penjajahan belanda dan sebuah mercusuar yang masih digunakan sampai sekarang. Tanjung Kunyit terletak berdekatan dengan Teluk Tamiang yang berada di wilayah kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, kabupaten Kotabaru, provinsi Kalimantan Selatan. Tanjung Kunyit merupakan salah satu pulau kecil yang daratannya terpisah dari pulau Kotabaru. Pulau kecil dengan pasir putih dan mercusuar yang berdiri gagah adalah pemandangan yang pertama kamu lihat dari kejauhan.  Pantai Pasir Putih sumber Pantai Sore Hari sumber Desa ini  dihuni oleh beberapa kepala keluarga bermayoritaskan suku Bugis dan Man