Langsung ke konten utama

Marabatuan

Kotabaru menyimpan banyak pantai yang masih "perawan" salah satunya berada di daerah Pulau Sembilan. Pulau Sembilan memiliki sembilan pulau dengan dengan daerah administratif Pulau Marabatuan yang berpenghuni paling banyak dari Pulau Matasiri.


Marabatuan adalah sebuah pulau yang berada diantara dua lautan yaitu laut Kalimantan dan laut Jawa. Secara geografis Pulau Marabatuan berada di tengah lautan sehigga sejauh mata memandang yang kalian lihat hanyalah lautan biru hingga cakrawala.

Marabatuan Dari Pulau Payung Payungan

Sumber : http://irwandyibnuyusuf.blogspot.co.id

 

Marabatuan adalah pulau yang berakar di tengah lautan dengan didominasi pegunungan yang berbatu airnya yang  jernih serta pemandangan laut sejauh mata memandang. Lokasi ini berada di timur pulau sehingga merupakan titik terbaik untuk menikmati keindahan Matahari terbit.

Pemandangan Dari Marabatuan

Kapal Perintis tidak bisa melabuh di Marabatuan dikarenakan tidak adanya dermaga yang bisa menampung besarnya Kapal Perintis. Ketika sudah dekat dengan Marabatuan maka kita akan di jemput oleh nelayan yang menawarkan jasa untuk berlabuh.

Naik Kapal Nelayan

Dermaga Marabatuan

Aktivitas Di Dermaga
Sumber : wisata-auda.blogspot.co.id

A photo posted by HAFIZ BIRU (@hafizbiru) on

Sambutan Anak Pulau
A photo posted by HAFIZ BIRU (@hafizbiru) on
Senja Di Dermaga
 Sumber : kalimantanku.blogspot.co.id
Jika sahabat Kadatahutahu di Marabatuan kalian jangan mendambakan kehidupan yang serba praktis seperti di kota karena di sini masyarakat di lakukan secara tradisional dan manual, akan tetapi kesederhanaan inilah yang sulit kita dapatkan di kota besar.

Penangkpan Masih Tradisional

Dengan sambutan keceriaan anak - anak di dermaga dan keramahan masyarakat Marabatuan, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mendatangi Kepala Desa dan menjelaskan tujuan kalian karena di pulau ini kalian menginap, menyiapkan peralatan dan meminta bantuan untuk mengeksplorasi keindahan Pulau Sembilan.

A photo posted by Irfandy Rdho (@bulu.babi) on

Perjalanan menuju Marabatuan dapat di akses dengan menggunakan Kapal Perintis dan Kapal nelayan dan keberangkatan bisa melalui Kotabaru atau Batulicin. Masing - masing kapal memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dilihat dari kolom di bawah.

No
Faktor Penentu
Kapal Perintis
Kapal Nelayan
1
Jadwal Keberangkatan
Dua kali seminggu, dengan jadwal yang tidak tentu
Bisa setiap hari dan jam berapapun sesuai dengan perjanjian
2
Harga
Lebih murah
Lebih Mahal
3
Kenyamanan
Kapal lebih stabil jika ada gelombang besar
Kapal akan mengalami goncangan jika ada gelombang besar
4
Kecepatan
Lebih lambat
Lebih cepat

Waktu keberangkatan berkisar antara 7 - 11 jam tergantung kapal, kondisi lautan, cuaca dan lain sebagainya. sebaiknya untuk yang sering mabuk perjalanan tidak ada salahnya menyiapkan obat mabuk sebelum keberangkatan.  Selama perjalanan yang cukup lama itu kita tidak akan bosan karena di sajikan pemandangan lautan yang sangat indah dan tidak mungkin kita dapatkan di daerah perkotaan.

Perjalanan Laut


*Sedikit tips dan info 
- Listrik hanya menyala dari jam 6 sore sampai 6 pagi.
- Pintar - pintarlah untuk menjaga sikap, sopan santun dan mematuhi peraturan di sini.
- Persiapkan obat - obatan yang mungkin tidak dijual di sini.
- Bawa senter karena akan sangat berguna pada malam hari. 
- Kalau ingin snorkling atau diving sebaiknya membawa peralatan sendiri, karena di sini tidak ada yang menyewakan alat seperti itu.

Nikmati setiap perjalanan kamu :) salam Kadatahutahu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teluk Tamiang

Teluk Tamiang merupakan salah satu salah satu pantai yang wajib di kunjungi karena keidahanya yang masih beberapa tingkat di bawah Samber Gelap. Letak Teluk Tamiang sendiri merupakan tempat yang masih bisa di akses dengan perjalanan darat walupun memakan waktu cukup lama.

Teluk Tamiang adalah sebuah desa di wilayah kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, kabupaten Kotabaru, provinsi Kalimantan selata. Teluk Tamiang yang keindahanya masih terjaga dengan berbagai kekayaan laut di sekitarnya.
Pantai Teluk Tamiang Sumber : http://paketwisatakalsel.blogspot.co.id

A photo posted by Dadang Abdussyahid (@dadangabdussyahid) on Jan 18, 2016 at 11:54pm PST
A photo posted by Raudhatul Jannah (@jeen_jannah) on Mar 9, 2016 at 6:36pm PST A photo posted by Ini Indonesiaku (@iniindonesiaku) on Jan 24, 2016 at 11:58pm PST
Dermaga Teluk Tamiang A photo posted by Daniel (@dvnielmbr) on Feb 3, 2016 at 4:20pm PST
Salah Satu Spot Foto A photo posted by Ahul Reebok (@a_h_u_l) on Feb 9, 2016 at 3:46am PST

Samber Gelap

Untuk post pertama ini, Kadatahutahu akan memposting suatu tempat yang katanya merupakan salah satu surga tersembunyi. Kenapa saya katakan kalau masih "katanya" ? karena saya sendiri masih belum pernah kesanadan konon masih sangat sedikit transportasi yang bisa mengantarkan kita ke pulau Samber Gelap. Tapi tenang saja di postingan ini saya akan memberikan saran untuk pergi ke pulau Samber Gelap karena saya telah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber muehehe :D 
Pulau samber gelap adalah salah satu pulau kecil yg berada dikabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. 


Sumber 
Pulau cantik dengan pantai yang memiliki pasir yang sangat lembut dan putih, dengan air laut yg berwarna biru kehijau hijauan, gelombang yang tidak terlalu besar sehingga untuk berjemur dan berenang akan menjadi lokasi yang sangat tepat. Pulau ini juga terkenal sebagai habitat penyu hijau dan penyu sisik. Di sini juga ada tempat memancing yang bagus, dilokasi banyak ditemukan spot-spot ikan terutama ik…